MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)

Hamid, Hilda (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Godean melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Godean semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Instrumen penelitian ini diantaranya, lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu : think (berpikir), talk (berbicara), dan write (menulis) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan komunikasi mengalami peningkatan dilihat berdasarkan hasil lembar observasi kemampuan komunikasi matematika pada aspek kemampuan memberikan alasan rasional terhadap suatu pernyataan sebesar 58,75% pada siklus I dan 60,74% pada siklus II. Sedangkan aspek kemampuan mengubah bentuk uraian kedalam model matematika sebesar 57,4% pada siklus I dan 61,32% pada siklus II. Selain itu peningkatan kemampuan komunikasi dilihat berdasarkan persentase kemampuan komunikasi matematik tiap indikator pada siklus I rata-rata persentase sebesar 67,84% dan 72,98% pada siklus II. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah dilihat berdasarkan persentase kemampuan pemecahan masalah matematik tiap indikator pada siklus I rata-rata persentase sebesar 74,53% dan 81,23% pada siklus II. Kata kunci : Think Talk Write (TTW), Komunikasi Metamatik, Pemecahan Masalah Matematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd., Si.,M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:56
Last Modified: 18 Aug 2017 07:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item