PENGARUH GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Sriyani, Fatmiyatun (2017) PENGARUH GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kreatif; (2) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap pemahaman konsep; (3) Perbedaan pengaruh model group investigation dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6 kelas dan sampelnya terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan purposive sampling. Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang akan mendapat perlakuan model pembelajaran group investigationdan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Masingmasing kelas terdiri dari 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test, uji T2 Hotteling’s, dan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulakan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seyegan; (2) Model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seyegan; (3) Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih berpengaruh dari pada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan tidak terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran group investigation danmodel pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seyegan Kata kunci:Group Investigation, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd.Si.,M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 21 Aug 2017 05:14
Last Modified: 21 Aug 2017 05:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item