MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)

Hamid, Hilda (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW). Naskah Publikasi Prodi Pendidikan Matematika.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI (JURNAL SKRIPSI).docx
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Godean melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu : think (berpikir), talk (berbicara), dan write (menulis) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan komunikasi mengalami peningkatan dilihat berdasarkan hasil lembar observasi kemampuan komunikasi matematika pada aspek kemampuan memberikan alasan rasional terhadap suatu pernyataan sebesar 58,75% pada siklus I dan 60,74% pada siklus II. Sedangkan aspek kemampuan mengubah bentuk uraian kedalam model matematika sebesar 57,4% pada siklus I dan 61,32% pada siklus II. Selain itu peningkatan kemampuan komunikasi dilihat berdasarkan persentase kemampuan komunikasi matematik tiap indikator pada siklus I rata-rata persentase sebesar 67,84% dan 72,98% pada siklus II. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah dilihat berdasarkan persentase kemampuan pemecahan masalah matematik tiap indikator pada siklus I rata-rata persentase sebesar 74,53% dan 81,23% pada siklus II. Kata kunci : Think Talk Write (TTW), Komunikasi Metamatik, Pemecahan Masalah Matematik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:57
Last Modified: 11 Sep 2017 03:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item