PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Anggarawati, Novi (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
Cover dan Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Pamungkas Mlati melalui metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dan partisipatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Pamungkas Mlati semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Obyek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Instrumen penelitian ini diantaranya lembar observasi, LKS, wawancara tidak terstruktur, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Matematika melalui metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa kelas VII B meningkat 57,6 pada siklus I dan 78,4 pada siklus II. Selain itu , dilihat dari peningkatan rata-rata persentase nilai setiap indikator pemahaman konsep matematika dari siklus I ke siklus II yaitu : translasi terjadi peningkatan 10%, interpretation terjadi peningkatan 57%, dan ekstrapolasi terjadi peningkatan 41%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan, yaitu hasil akhir rata-rata kelas mencapai 88%. Berdasarkan angket respons siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan STAD, menunjukkan respon baik dengan rata-rata persentase sebesar 79,02%. Kata kunci : Pemahaman konsep, hasil belajar, metode Student Team Achievement Divisions (STAD)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:40
Last Modified: 11 Sep 2017 04:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item