UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI BANGUN RUANG

Astuti, Risma Indri (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI BANGUN RUANG. Naskah Publikasi Prodi Pendidikan Matematika.

[img] Text
jurnal.docx
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick, 2) mendeskripsikan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang di SMP Pamungkas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII C SMP Pamungkas Mlati tahun ajaran 2016/2017. Jumlah siswa 30 orang. Penelitian Tindakan Kelas terlaksana dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan, siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil aktivitas dan kreatifitas siswa dengan data pembanding yaitu hasil wawancara guru dan siswa, hasil LKS, hasil evaluasi, dan rekaman peristiwa. Metode pelaksanaan ini adalah guru dan peneliti berperan sebagai kolaborator. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan model talking stick ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan proses pelaksanaan pembelajaran dengan model talking stick terus meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16,6% pada lembar observasi dan 40% pada prosentase keberhasilan siswa (siswa yang mencapai nilai KKM). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu hasil rata-rata kelas siswa mencapai 86,8. Kata Kunci : Matematika, Pembelajaran Talking Stick dan Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:45
Last Modified: 11 Sep 2017 04:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item