PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEYEGAN

Jawu Tema, Paskalis (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEYEGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
002 - Skripsi bab 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
003 - Skripsi bab 2.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
004 - Skripsi bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
005 - Skripsi bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
006 - skripsi bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
cover dan lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI (fulltext).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Noquivalent control group design. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 32 siswa yang diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik serta pada kelas kontrol berjumlah 32 siswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. masing-masing kelas diberikan tes berupa pretes dan postes pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil postes pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen adalah 78,21 dan kelas kontrol adalah 73,15 sedangkan rata-rata hasil postes prestasi belajar pada kelas eksperimen adalah 78,75 dan kelas kontrol adalah 73,31. Untuk melihat perbedaan peningkatan, maka dilakukan uji Independent sample t tes pada hasil postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Taraf signifikansi pada hasil postes pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar adalah 0,04 < 0,05 dan 0,014 < 0,05 yang berarti terjadi perbedaan yang signifikan antara hasil postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: Pendekatan pembelajaran matematika realistik, pemahaman konsep matematika, prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Heru Sukoco, S.Si, M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:36
Last Modified: 11 Sep 2017 10:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item