Istijabah, Istijabah (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PENALARAN ADAPTIF SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
![]() |
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (783kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Guided Teaching terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa, 2) P engaruh metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa, dan 3) M anakah metode yang lebih berpengaruh antara metode Guided Teaching dan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif pada siswa kelas VIII SMP N 1 Pajangan . Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desin penelitian menggunakan pretest posttest control group design . Dimana dalam penelitian ini ada dua kelompok yang digunakan, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pajangan yang berjumlah 150 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara purpo s sive sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII A dan VII I E. Dalam penelitian ini, kelas VIII A adalah kelompok eksperimen yang diterapkan metode Guided Teaching , sedangkan kelas VIII E adalah kelas kontrol yang diterapkan metode konvensional. Adapun instrument yang digunakan adalah tes kemampuan representasi m atematis dan tes kemampuan penalaran adaptif siswa. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Guided Teaching dan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa digunakan uji manova , dan untuk melihat variabel mana yang lebih berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa digunakan uji independent sample t - test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Guided Teaching berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa, metode pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa, dan metode Guided Teaching lebih berpengaruh daripada met ode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif pada siswa kelas VIII SMP N 1 Pajangan. Kata kunci: Representasi Matematis, Penalaran A daptif, Guided Teaching.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: | Heru Sukoco, S.Si., M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 10:29 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 10:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |