PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN

Anita, Ana (2017) PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk m e ndiskripsikan pengaruh m etode Index Card Match/ ICM (mencari pasangan k artu) terhadap keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspeimen dengan menggunakan desain penelitian pretest - postest control group de sign . Dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan yang terdiri dari enam kelas. Sampel diambil secara purpose sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII B dan VIII D. Dalam penelitian ini , kelas VIII B adalah kelompok kontrol sehingga pada pembelajaran matematikanya menggunakan metode konvensional, sedangkan kelas VIII D adalah kelompok eksperimen sehingga pada pembelajaran matema tikanya menggunakan metode ICM (mencari pasangan kartu). Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode ICM dan metode konvensional digunakan uji manova dan untuk melihat variabel mana yang lebih berpengaruh terhadap keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji Independent - Sample T - T es t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode Index Card M atch dan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Selain itu, pengaruh metode Index Card M at ch lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1 Seyegan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa m etode Index Card Match lebih berpengaruh d aripada dengan metode konvensional terhadap k eaktifan siswa dan kemampuan pemecah an masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan . Kata k unci : keaktifan siswa, pemecahan masalah, ICM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:32
Last Modified: 13 Sep 2017 07:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item View Item