PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016 - 2017

Sari, Wahyu Dwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016 - 2017. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini b ertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model p embelajaran Group Investigation terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa k elas VIII SMP N egeri 1 Nanggulan Kulonprogo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest - posttest control group design . Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP N egeri 1 Nanggulan yang terdiri dari enam kelas. Sampel diambil secara Purposiv e sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII E dan VIII F. Pembelaj aran matematika pada kelas VIII E menggunakan model konvensional d a n pembelajaran pada kelas VIII F menggunakan model pembelajaran Group Investigation . Instrumen penelitian adalah angket minat belajar siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajar a n konvensional digunakan uji manova dan untuk uji lanjut dilakukan uji independent – sample t - test untuk mengetahui variabel mana yang memberikan pengaruh lebih baik terhadap perbedaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Group Investigation dan model konvensional pada minat belajar maupun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP N egeri 1 Nanggulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh lebih baik terhadap minat belajar maupun kemampu an pemecahan masalah matematika siswa SMP N egeri 1 Nanggulan. Kata kunci : kemampuan p emecahan masalah , Group Investigation , minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Heru Sukoco, S.Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Sep 2017 08:24
Last Modified: 13 Sep 2017 08:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item