ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENERAPKAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL (KASUS PADA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA)

Nugroho, Priyo Adi (2017) ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENERAPKAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL (KASUS PADA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan basis akuntansi dari basis kas menjadi basis akrual sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Pemerintah Daerah sebagai entitas pelaporan wajib mengikuti perubahan kebijakan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengimplementasikan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual. Setelah melakukan tinjauan pustaka, kemudian dilakukan penelitian dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif terhadap empat vaiabel yaitu: komitmen, sumber daya manusia, infrastruktur dan sistem informasi yang dikumpulkan melalui metode kuesioner.. Untuk pengukurannya menggunakan skala likert 5 point. Skala likert digunakan untuk merangking seberapa siap terhadap pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner. Kuesioner diuji kepada 30 pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Yogyakarta. Data tersebut diolah dengan SPSS for windows untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil pengolahan uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS tersebut dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 40 pelaksana akuntansi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan kuesioner kembali sebanyak 40 buah atau tingkat respon sebesar 100%. Melalui SPSS pula analisis deskriptif penilaian responden terhadap masing-masing variabel dibuat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta telah siap dalam menerapkan SAP Berbasis Akrual dilihat dari aspek komitmen, sumber daya manusia, infrastruktur dan sistem informasi. Kata kunci: Akuntansi pemerintahan, kesiapan pemerintah daerah dalam menerapkan SAP Berbasis Akrual, komitmen, sumber daya manusia, infrastruktur, sistem informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nugraeni, SE., M.Sc.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 26 May 2017 07:51
Last Modified: 26 May 2017 07:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item