ANALISIS BUTIR SOAL SETARA UJIAN NASIONAL SMP MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN 2016 BERDASARKAN METODE SURVEYS OF ENACTED CURRICULUM DI DESA JATISARONO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO

Istiqomah, Istiqomah ANALISIS BUTIR SOAL SETARA UJIAN NASIONAL SMP MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN 2016 BERDASARKAN METODE SURVEYS OF ENACTED CURRICULUM DI DESA JATISARONO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa butir soal setara ujian nasional SMP mata pelajaran Matematika tahun 2016 berdasarkan metode Surveys of Enacted Curriculum di Desa Jatisarono Kecamatan Nangguulan Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis butir soal secara klasik. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas IX SMP/MTs di Desa Jatisarono Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 254 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara simple random sampling sebanyak 155 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti membuat soal setara UN sebanyak 10 soal, lalu divalidasi oleh ahli dan selanjutnya diujikan kepada siswa. Adapun soal setara UN tersebut dibuat berdasarkan 10 kemampuan yang diuji, mengalami persentase rendah selama 3 tahun terakhir. Analisis data menggunakan metode Surveys of Enacted Curriculum (SEC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal setara UN didominasi pada tingkatan kognitif Perform procedures. Selain itu untuk keterbacaan soal, siswa dapat menggunakan fakta-fakta dalam soal Matematika dengan baik. Akan tetapi, sebagian besar siswa belum mampu: 1) menggunakan rumus yang sesuai dengan maksud soal, 2) membaca grafik, 3) menggunakan konsep Matematika, dan 4) berhitung dengan teliti. Kata kunci: Analisis, UN, dan Metode Surveys of Enacted Curriculum (SEC)

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Sep 2017 09:20
Last Modified: 13 Sep 2017 09:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item