Penyesalan Paska Pembelian Smartphone Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Sifat Ekstraversi

Afghan, Rudyard (2019) Penyesalan Paska Pembelian Smartphone Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Sifat Ekstraversi. Naskah Publikasi Program Studi Magister Psikologi Sains.

[thumbnail of Naskah Publikasi.docx] Text
Naskah Publikasi.docx

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan sifat ekstraversi dengan penyesalan paska pembelian smatphone pada mahasiswa Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. (2) perbedaan tingkat penyesalan paska pembelian antara wanita dengan pria. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang pernah membeli smartphone yaitu sebanyak 70 orang dengan pembagian jumlah subjek wanita 35 dan pria 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode skala menggunakan skala sifat ekstraversi serta skala penyesalan pasca pembelian yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada hubungan positif antara kepribadian ekstraversi dengan penyesalan paska pembelian, dengan hasil uji korelasi product moment sebesar 0,975 p sebesar 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif kepribadian ekstraversi dengan penyesalan paska pembelian adalah 95,4%. (2) Ada perbedaan penyesalan paska pembelian antara wanita dengan pria -12.963 dengan p = 0,000 (p < 0,05).
Kata kunci: Penyesalan Paska Pembelian, Kepribadian Ekstraversi, Jenis kelamin

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Kamsih Astuti, M.Si.,Dr. Sarsono S. U.,
Uncontrolled Keywords: Penyesalan Paska Pembelian, Kepribadian Ekstraversi, Jenis kelamin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 06 Mar 2019 03:42
Last Modified: 10 Jan 2020 01:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4955

Actions (login required)

View Item
View Item