Strategi Program “Bintang Cilik” Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Televisi Di Adi Tv (Studi Deskriptif Strategi Program “Bintang Cilik” Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Televisi Di Adi Tv Yogyakarta Tahun 2018)

Amam, Nadiful (2019) Strategi Program “Bintang Cilik” Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Televisi Di Adi Tv (Studi Deskriptif Strategi Program “Bintang Cilik” Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Televisi Di Adi Tv Yogyakarta Tahun 2018). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Perkembangan televisi setiap tahunya meningkat dan persaingan program di dalamnya juga semakin banyak. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan banyaknya platform media informasi yang sangat mudah di akses oleh masyarakat membuat selera masyarakat perlahan-lahan berubah. Dengan hadirnya kemudahan dalam memilih program informasi membuat program televisi sulit untuk bertahan eksis sebagai program televisi. Dalam penelitian ini penulis lebih fokus membahas tentang bagaimana Strategi Program Bintang Cilik dalam mempertahankan Eksistensi Program televisi di Adi Tv Yogyakarta Tahun 2018. Berdasarkan strategi program yang dijelaskan oleh Naratama, yang mengatakan ada 13 elemen strategi kreatif dalam produksi program televisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian dan menurut hasil penelitian, ADI TV sudah menerapkan strategi yang dijelaskan oleh Naratama, dari strategi menentukan target pasar dan jam tayang siaran, mengonsep artistik agar terlihat menarik selain itu Bintang cilik juga memiliki strategi dalam menjaga eksistensinya, yaitu dengan membuat paket program yang ditawarkan kepada client, membuka ruang untuk peserta Bintang Cilik di berbagai kalangan, dari PAUD, TK, SD, sampai ke sanggar. Tentu aja yang tidak dapat ditinggalkan adalah menjaga hubungan baik dan menjaga kualitas program agar client mau kembali menjadi peserta program Bintang Cilik. Kata Kunci : Eksistensi, Strategi program televisi, ADI TV, Program Bintang Cilik.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Rani Dwi Lestari, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Strategi program televisi, ADI TV, Program Bintang Cilik.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:45
Last Modified: 25 Mar 2019 06:45
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item View Item