Analisis Tingkat Kepuasan Informasi Terhadap Media Online Kompas.Com (Survei pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Arridha di Bagansiapiapi)

Suhandiko, Rio (2019) Analisis Tingkat Kepuasan Informasi Terhadap Media Online Kompas.Com (Survei pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Arridha di Bagansiapiapi). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Kemajuan zaman yang pesat, penggunaan internet atau media online sebagai sarana memperoleh informasi di kalangan mahasiswa umum maupun dikalangan pendidikan. Hal ini membawa dampak pada kecenderungan semakin banyaknya orang yang mencari berita melalui situs online daripada melalui media cetak. Dikarenakan banyaknya media massa online di Indonesia maka penulis mengambil 1 situs berita online ternama yaitu kompas.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dalam menggunakan media online kompas.com sebagai pemenuhan kebutuhan informasi bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Arridha di Bagansiapiapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan Proportional Stratified Sampling. Kemudian data diolah dengan program Ms. Excel dan SPSS 21. Tingkat kepuasan diukur menggunakan nilai rata-rata. Uji beda rata-rata dilakukan dengan Uji T-Test digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought) dengan tingkat kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara keseluruhan menunjukkan adanya perbedaan antara kepuasan yang dicari ketika mengakses media online Kompas.Com dengan kepuasan nyata yang diperoleh setelah mengakses informasi berita di situs kompas.com. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan kepuasan diantara para mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Arridha di Bagansiapiapi terhadap informasi berita di media online Kompas.Com. Berdasarkan empat aspek Gratification Sought dan aspek Gratification Obtained, diketahui adanya perbedaan kepuasan dalam hal aspek informasi dan aspek identitas personal, sedangkan pada dua aspek yaitu interaksi sosial dan aspek hiburan menunjukkan tidak adanya perbedaan kepuasan. Kata Kunci : Kepuasan, Online, Media, Kompas.Com

Item Type: Article
Additional Information/ Pembimbing: Rosalia Prismarini Nurdianti,S.Sos,M.A
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Online, Media, Kompas.Com
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 10:07
Last Modified: 25 Mar 2019 10:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item