IMPROVING STUDENTS' WRITING SKILL BY USING SCAFFOLDING TECHNIQUE TO THE SEVENTH GRADERS OF SMP BOPKRI GODEAN

Rimawati, Rika (2017) IMPROVING STUDENTS' WRITING SKILL BY USING SCAFFOLDING TECHNIQUE TO THE SEVENTH GRADERS OF SMP BOPKRI GODEAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian didasari fenomena yang terjadi di kelas 7 SMP BOPKRI Godean. Belajar bahasa Inggris terutama ketrampilan menulis masih rendah didalam perbendaharaan kosa kata, struktur kalimat, dan mengorganisir paragraph. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) untuk menganalisis keterampilan menulis siswa menggunakan teknik scaffolding; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan ketermpilan menulis siswa menggunakan teknik scaffolding; (3) untuk menemukan ketertarikan siswa dalam keterampilan menulis menggunakan teknik scaffolding. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas. Peneliti menggunakan teknik scaffolding didalam mengajar menulis bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan siswa didalam ketrampilan menulis. Peserta penelitian tersebut terdiri dari 14 siswa kelas 7 SMP BOPKRI Godean.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik scaffolding untuk pembelajaran menulis deskriptif teks dalam tiga tahap menggunakan model scaffolding yang dikutip dari Silvia Read. Lima langkah teknik scaffolding menurut Silvia Read yaitu: penyelidikan, memperagakan, membagi bersama, kolaboratif, dan berdiri sendiri. Peneliti berharap siswa dapat meningkatkan ketrampilan menulis mereka menggunakan teknik scaffolding. Hasil penelitian tersebut ditunjukkan dengan pre-tes dan post-tes. Dalam pre-tes,, skor rata-rata siswa adalah 49 sedangkan pada post-test tahap 1, nilai skor rata-rata siswa adalah 64. Pada cycle kedua, rata-rata skor siswa adalah 75,9. Akhirnya, peneliti dapat menyimpulkan dari data tersebut bahwa adanya peningkatan dengan menggunakan teknik scaffolding. Kata Kunci: menulis, teknik scaffolding, anak remaja, dan PTK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Hermayawati,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Menulis, teknik scaffolding, anak remaja, dan PTK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:26
Last Modified: 18 Sep 2017 04:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item