ANALISIS PERBANDINGAN KETAHANAN BANKRUPTCY ANTARA PERUSAHAAN SYARIAH DAN PERUSAHAAN NON SYARIAH MENGGUNAKAN ALTMAN Z SCORE(STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAPAT DI BEI DAN ISSI PERIODE 2012-2016)

Prasasti, Esti Nuresa ANALISIS PERBANDINGAN KETAHANAN BANKRUPTCY ANTARA PERUSAHAAN SYARIAH DAN PERUSAHAAN NON SYARIAH MENGGUNAKAN ALTMAN Z SCORE(STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAPAT DI BEI DAN ISSI PERIODE 2012-2016). Naskah Publikasi Prodi Akuntansi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. Hal ini membuat Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan perekonomian syariah. Dalam satu dekade terakhir, perekonomian syariah di Indonesia meningkat tajam, ditandai dengan munculnya perusahaan keuangan maupun non keuangan di Indonesia. Hal ini membuat lingkungan ekonomi bisnis indonesia semakin kompetitif dimana dibutuhkan ketahanan perusahaan yang bisa dilihat dari kinerja keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan ketahanan bankruptcy antara perusahaan syariah dibandingkan dengan perusahaan non syariah dalam lingkungan yang semakin kompetitif. Ketahanan perusahaan diukur dengan menggunakan model pengukuran kebangkrutan perusahaan yang disebut dengan Z score. Menggunakan uji Independent t-test, penelitian ini menunjukkan bahwa ketahanan kebangkrutan perusahaan syariah lebih baik dibandingkan dengan perusahaan non syariah. Penelitian ini menggunakan data dari perusahaan syariah go public yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia dan perusahaan non syariah go public yang terdaftar di BEI. Ketahanan perusahaan secara umum dapat dilihat dari rasio likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitasnya. Tingkat solvabilitas perusahaan syariah menunjukkan bahwa perusahaan syariah lebih aman karena proporsi pendanaan eksternal melalui pinjaman lebih sedikit dibandingkan dengan pendanaan internalnya, sehingga risiko perusahaan syariah lebih rendah

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: M. Budiantara, SE., M.Si., Ak., CA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:39
Last Modified: 18 Sep 2017 04:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item