HUBUNGAN REGULASI EMOSI DAN PERSEPSI TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMA

Dominifridus Bone, 13501020 (2019) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DAN PERSEPSI TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan persepsi terhadap iklim sekolah dengan cyberbullying pada siswa SMAK Giovanni Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sample penelitian ini sebanyak 100 siswa dengan tehnik probability sampling, secara khusus dengan cara proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala dan analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Ada hubungan negatif antara regulasi emosi dengan cyberbullying pada siswa SMAK Giovanni Kupang (r = -0,204, p<0,05); 2). Ada hubungan negatif antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan cyberbullying pada siswa SMAK Giovanni Kupang (r = -0,344, p<0,05); 3). Ada hubungan negatif antara regulasi emosi dan persepsi terhadap iklim sekolah dengan cyberbullying pada siswa SMAK Giovanni Kupang. Cyberbullying pada siswa dapat diprediksi dari variabel regulasi emosi dan persepsi terhadap iklim sekolah secara bersama-sama sebesar 17,5 % sedangkan sisanya sebesar 82,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini seperti keluarga, pola asuh orang tua, konformitas, kontrol diri, harga diri, sikap agresif dan sikap impulsif. Kata kunci : cyberbullying, regulasi emosi, iklim sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Kamsih Astuti, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 05 Apr 2019 02:43
Last Modified: 05 Apr 2019 02:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item