STRATEGI KAMPANYE SOSIAL “IBU WARUNG ANAK SEHAT” DALAM MEMBENTUK POLA KONSUMSI JAJANAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH (Studi Deskriptif Kualitatif Srategi Kampanye Sosial “Ibu Warung Anak Sehat” Dalam Membentuk Pola Konsumsi Jajanan Sehat Pada Anak Sekolah di SDN Gondolayu Yogyakarta Periode Juli 2016-Juli 2018)

Bone, Efrasia Filde (2019) STRATEGI KAMPANYE SOSIAL “IBU WARUNG ANAK SEHAT” DALAM MEMBENTUK POLA KONSUMSI JAJANAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH (Studi Deskriptif Kualitatif Srategi Kampanye Sosial “Ibu Warung Anak Sehat” Dalam Membentuk Pola Konsumsi Jajanan Sehat Pada Anak Sekolah di SDN Gondolayu Yogyakarta Periode Juli 2016-Juli 2018). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRA.pdf]
Preview
Text
ABSTRA.pdf

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1V.pdf] Text
BAB 1V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pola konsumsi anak menentukan kebiasaan makan hingga dewasa nanti, sehingga
sangat perlu mendapat perhatian semua pihak. Kualitas sumber daya manusia di masa
yang akan datang di tentukan oleh bagaimana pengembangan sumber daya manusia
saat ini, termasuk pada usia sekolah dasar, karena ini merupakan masa pertumbuhan
sehingga peranan gizi sangat penting termasuk kemanan makanan dan minuman yang
dikonsumsi oleh anak-anak di sekolah. Edukasi bagi anak-anak tersebut selain dari
orang tua dirumah dan guru di sekolah juga harus diberikan kepada para penjual
jajanan makanan dan minuman tersebut sehingga mereka juga bisa menjadi agen
perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye sosial Ibu
Warung Anak Sehat SDN Gondolayu dalam membentuk pola konsumsi jajanan sehat
anak-anak disekolah tersebut. Metode yang diigunakan dengan pendekatan kualitatif
melalui obsevasi dan interview, sumber data utama adalah Ibu Warung Anak Sehat,
Kepala sekolah dan guru UKS sebagai penanggung jawab kantin sehat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi kampanye sosial yang
dilakukan oleh Ibu Warung Anak Sehat dalam membentuk pola konsumsi jajanan
sehat anak-anak adalah dengan mengurangi secara perlahan jajanan yang tidak sehat
di sekolah, menggunakan jajanan sehat sebagai media dalam melakukan kampanye
sosial, membangun kesadaran anak-anak tersebut akan bahaya dari mengkonsumsi
jajanan yang tidak sehat kemudian anak-anak dengan sendirinya merubah sikap
mereka terkait pola konsumsi, serta selalu menjalin kedekatan dengan anakanak,orang tua serta guru disekolah dan selalu berinovasi dalam menyediakan jajanan
sehat dikantin tersebut.
Kata kunci: Pola konsumsi, Ibu Warung Anak sehat, Kampanye Sosial, Kesadaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Rosalia Prismarini Nurdiarti. S.Sos., M.A
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 04 Apr 2019 06:20
Last Modified: 18 Aug 2022 06:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item
View Item