STRATEGI KAMPANYE SOSIAL “IBU WARUNG ANAK SEHAT” DALAM MEMBENTUK POLA KONSUMSI JAJANAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH (Studi Deskriptif Kualitatif Srategi Kampanye Sosial “Ibu Warung Anak Sehat” Dalam Membentuk Pola Konsumsi Jajanan Sehat Pada Anak Sekolah di SDN Gondolayu Yogyakarta Periode Juli 2016-Juli 2018)

Bone, Efrasia Filde (2019) STRATEGI KAMPANYE SOSIAL “IBU WARUNG ANAK SEHAT” DALAM MEMBENTUK POLA KONSUMSI JAJANAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH (Studi Deskriptif Kualitatif Srategi Kampanye Sosial “Ibu Warung Anak Sehat” Dalam Membentuk Pola Konsumsi Jajanan Sehat Pada Anak Sekolah di SDN Gondolayu Yogyakarta Periode Juli 2016-Juli 2018). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRA.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pola konsumsi anak menentukan kebiasaan makan hingga dewasa nanti, sehingga sangat perlu mendapat perhatian semua pihak. Kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang di tentukan oleh bagaimana pengembangan sumber daya manusia saat ini, termasuk pada usia sekolah dasar, karena ini merupakan masa pertumbuhan sehingga peranan gizi sangat penting termasuk kemanan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak di sekolah. Edukasi bagi anak-anak tersebut selain dari orang tua dirumah dan guru di sekolah juga harus diberikan kepada para penjual jajanan makanan dan minuman tersebut sehingga mereka juga bisa menjadi agen perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye sosial Ibu Warung Anak Sehat SDN Gondolayu dalam membentuk pola konsumsi jajanan sehat anak-anak disekolah tersebut. Metode yang diigunakan dengan pendekatan kualitatif melalui obsevasi dan interview, sumber data utama adalah Ibu Warung Anak Sehat, Kepala sekolah dan guru UKS sebagai penanggung jawab kantin sehat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi kampanye sosial yang dilakukan oleh Ibu Warung Anak Sehat dalam membentuk pola konsumsi jajanan sehat anak-anak adalah dengan mengurangi secara perlahan jajanan yang tidak sehat di sekolah, menggunakan jajanan sehat sebagai media dalam melakukan kampanye sosial, membangun kesadaran anak-anak tersebut akan bahaya dari mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat kemudian anak-anak dengan sendirinya merubah sikap mereka terkait pola konsumsi, serta selalu menjalin kedekatan dengan anakanak,orang tua serta guru disekolah dan selalu berinovasi dalam menyediakan jajanan sehat dikantin tersebut. Kata kunci: Pola konsumsi, Ibu Warung Anak sehat, Kampanye Sosial, Kesadaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Rosalia Prismarini Nurdiarti. S.Sos., M.A
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 04 Apr 2019 06:20
Last Modified: 04 Apr 2019 06:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item