IMPROVING PRIMARY STUDENTS' LISTENING SKILL BY USING READ-ALOUD STRATEGY

Agustin, Detha (2017) IMPROVING PRIMARY STUDENTS' LISTENING SKILL BY USING READ-ALOUD STRATEGY. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

[img] Text
naskah publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Menyimak adalah ketrampilan penting dalam belajar bahasa inggris karena ini adalah fondasi bagi ketrampilan lain seperti berbicara, membaca, dan menulis. Ini adalah modalitas bahasa yang digunakan kebanyakan. Jika menyimak sebagai fondasi tidak di kuasai; ketrampilan lain akan lebih sulit untuk dikuasai. Padahal, proses belajar mengajar yang sesungguhnya di sekolah dasar jarang memberi pendengaran dalam kegiatan belajar. Guru lebih menekankan pada membaca daripada menyimak dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini meneliti untuk mengetahui: (1) peningkatan prestasi belajar siswa dalam ketrampilan menyimak dengan menggunakan strategi baca keras; (2) untuk menggambarkan bagaimana strategi baca-ulang dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hal itu dilakukan di SDN 1 Pedes untuk siswa kelas lima dan melibatkan 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes (pre-test dan post test), dan dokumentasi yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa meningkatkan kemampuan mendengar mereka setelah mereka belajar bahasa Inggris dengan menggunakan Strategi Read-aloud. Terbukti dari nilai tes post-test siswa (83) lebih tinggi dari nilai pre-test siswa skor (64). Para siswa lebih antusias, menikmati proses belajar dan lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi baca-ulang dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris terutama keterampilan mendengarnya. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, keterampilan mendengarkan, siswa SD, Bacakeras.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 18 Sep 2017 05:00
Last Modified: 18 Sep 2017 05:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item