PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL

Purwanti, Sri (2017) PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Project Based Learning ( PjBL ) Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 3 Sewon. Penelitian i ni adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest - posttest nonequivalent control group design . Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Sewon yang terdiri dari empat kelas. Sampel diambil secara purpose sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII C dan VII D. Pembelajaran matematika pada kelas VII D menggunakan model konvensional dan pembelajaran pada kelas VII C menggunakan model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ). Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model Project Based Learning ( PjBL ) dan model konvensional digunakan uji one - sample t test dan untuk uji lanj ut dilakukan uji independent - sampel t - test untuk melihat variabel mana yang memberikan sumbangan terhadap perbedaan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) dan model konvensi onal pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 3 Sewon. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) lebih berpengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 3 Sewon. Kata kunc i : Pemecahan masalah, pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 18 Sep 2017 05:22
Last Modified: 18 Sep 2017 05:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item