PERSEPSI MASYARAKAT YOGYAKARTA TERHADAP OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN METRO TV DAN TV ONE MENGENAI ISU POLITIK MENJELANG PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019

Sumbogo, 14071081 (2019) PERSEPSI MASYARAKAT YOGYAKARTA TERHADAP OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN METRO TV DAN TV ONE MENGENAI ISU POLITIK MENJELANG PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena pemanfaatan media massa sebagai alat politik bagi pertarungan kepentingan elit tertentu telah menjadi gejala umum yang terus menjalar tidak hanya di ranah nasional tetapi juga di daerah. Berbagai ajang pencitraan yang berlebihan, tendensi sikap yang diskriminatif terhadap golongan atau tokoh tertentu, serta berbagai upaya pemelintiran substansi pemberitaan pun kerap dengan mudah kita jumpai. Media massa sebagai sarana pemenuhan informasi paling mainstream justru mulai ditunggangi oleh elit politik tertentu yang berkepentingan untuk mengarahkan pilihan politik masyarakat. Penelitian dengan judul “Persepsi Masyarakat Yogyakarta Terhadap Objektivitas Pemberitaan Metro Tv dan tvOne Mengenai Isu Politik Menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019” memiliki rumusan masalah Bagaimana persepsi masyarakat Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta terhadap objektivitas pemberitaan Metro TV dan tvOne mengenai isu politik menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui persepsi masyarakat Condongcatur terhadap objektivitas pemberitaan MetroTV dan tvOne mengenai pemberitaan isu politik menjelang Pilpres 2019 serta untuk mengetahui perbedaan antara objektivitas pemberitaan MetroTV dengan tvOne mengenai isu politik menjelang Pilpres 2019 menurut persepsi masyarakat Condongcatur. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif, dimana peneliti menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi masyarakat terhadap pemberitaan MetroTV dan tvOne mengenai isu politik menjelang Pilpres 2019 adalah objektif. Terdapat perbedaan persepsi masyarakat antara objektivitas pemberitaan MetroTV dengan tvOne mengenai isu politik menjelang Pilpres 2019, dimana persepsi masyarakat tentang objektivitas pemberitaan tvOne mengenai isu politik menjelang Pilpres 2019 lebih tinggi daripada pemberitaan MetroTv.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Objektivitas Pemberitaan, Isu Poitik, MetroTv, tvOne
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:28
Last Modified: 02 Aug 2019 04:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5711

Actions (login required)

View Item View Item