Persepsi Masyarakat Yogyakarta Terhadap Objektivitas Pemberitaan Metro Tv Dan Tv One Mengenai Isu Politik Menjelang Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden 2019

Sumbogo, 14071081 (2019) Persepsi Masyarakat Yogyakarta Terhadap Objektivitas Pemberitaan Metro Tv Dan Tv One Mengenai Isu Politik Menjelang Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden 2019. Naskah Publikasi Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Naskah_Publikasi.docx

Download (51kB)

Abstract

Fenomena pemanfaatan media massa sebagai alat politik bagi pertarungan kepentingan elit tertentu telah menjadi gejala umum yang terus menjalar tidak hanya di ranah nasional tetapi juga di daerah. Berbagai ajang pencitraan yang berlebihan, tendensi sikap yang diskriminatif terhadap golongan atau tokoh tertentu, serta berbagai upaya pemelintiran substansi pemberitaan pun kerap dengan mudah kita jumpai. Media massa sebagai sarana pemenuhan informasi paling mainstream justru mulai ditunggangi oleh elit politik tertentu yang berkepentingan untuk mengarahkan pilihan politik masyarakat. Penelitian dengan judul “Persepsi Masyarakat Yogyakarta Terhadap Objektivitas Pemberitaan Metro Tv dan tvOne Mengenai Isu Politik Menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019” memiliki rumusan masalah Bagaimana persepsi masyarakat Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta terhadap objektivitas pemberitaan Metro TV dan tvOne mengenai isu politik menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui persepsi masyarakat Condongcatur terhadap objektivitas pemberitaan MetroTV dan tvOne mengenai pemberitaan isu politik menjelang Pilpres 2019 serta untuk mengetahui perbedaan antara objektivitas pemberitaan MetroTV dengan tvOne mengenai isu politik menjelang Pilpres 2019 menurut persepsi masyarakat Condongcatur. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif, dimana peneliti menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi masyarakat terhadap pemberitaan MetroTV dan tvOne mengenai isu politik menjelang Pilpres 2019 adalah objektif. Terdapat perbedaan persepsi masyarakat antara objektivitas pemberitaan MetroTV dengan tvOne mengenai isu politik menjelang Pilpres 2019, dimana persepsi masyarakat tentang objektivitas pemberitaan tvOne mengenai isu politik menjelang Pilpres 2019 lebih tinggi daripada pemberitaan MetroTv.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Didik Haryadi Santoso
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Objektivitas Pemberitaan, Isu Poitik, MetroTv, tvOne
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 02 Aug 2019 05:01
Last Modified: 02 Aug 2019 05:02
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5712

Actions (login required)

View Item View Item