PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA SMP NEGERI 2 GODEAN

Ita Lestari, Margareta (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA SMP NEGERI 2 GODEAN. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[thumbnail of Naskah Publikasi ITA.docx] Text
Naskah Publikasi ITA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika melalui imlementasi metode pembelajaran kooperatif learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi pokok koordinat Kartesius kelas VIII A SMP Negeri 2 Godean. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Godean tahun ajaran 2017/2018. Jumlah siswa 31 orang. Penelitian Tindakan Kelas terlaksanan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, siklus II terdiri dari satu pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa dengan data perbandingan yaitu hasil wawancara guru dan siswa, catatan lapangan, hasil LKS dan hasil tes prestasi. Pelaksanaan model pembelajaran adalah guru dan peneliti berperan sebagai kolabolator. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi guru dan siswa, hasil wawancara guru dan siswa, catatan lapangan, hasil LKS, hasil tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas VIII A SMP Negeri 2 Godean. Hal ini ditunjukan dengan proses pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terus meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 15% dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu hasil akhir rata-rata kelas mencapai 89,51%.

Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dan hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 27 Sep 2017 11:22
Last Modified: 27 Sep 2017 11:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item
View Item