PERBANDINGAN ANALISIS POTENSI KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL GROVER, SPRINGATE, DAN ZMIJEWSKI PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2015

Maghfira, Adilah PERBANDINGAN ANALISIS POTENSI KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL GROVER, SPRINGATE, DAN ZMIJEWSKI PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2015. Naskah Publikasi Prodi Akuntansi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil prediksi dan model mana yang lebih baik akurasinya dalam memprediksi kebangkrutan serta apakah terdapat perbedaan model Grover, Springate, dan Zmijewski. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel yang digunakan adalah 5 perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015. Data dianalisis menggunakan perhitungan tingkat akurasi dan tipe kesalahan II dari setiap model prediksi kebangkrutan untuk dapat memprediksi perusahaan telekomunikasi mana yang berpotensi bangkrut. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Grover, Spingate dan Zmijewski dan prediksi kebangkrutan. Pada penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan alat analisis teknik uji beda Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa periode 2010-2015 terdapat 23 berpotensi bangkrut pada model Springate, sedangkan model Grover 14 berpotensi bangkrut dan model Zmijewski sebanyak 12 sehingga menjadikan model Zmijewski sebagai model yang lebih baik dengan tingkat akurasi tertinggi dan kesalahan tipe II yang paling sedikit. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil rata-rata skor dengan menggunakan model Grover, Springate dan Zmijewski pada perusahaan telekomunikasi. Kata Kunci : Potensi kebangkrutan, model Grover, Springate, Zmijewski, perusahaan telekomunikasi.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Endang Sri Utami, S.E, M.Si, Ak., CA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 27 Sep 2017 11:22
Last Modified: 27 Sep 2017 11:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item