Pelatihan Manajemen Diri Untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK “X” Samarinda

Handayani, Nanik (2019) Pelatihan Manajemen Diri Untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK “X” Samarinda. Naskah Publikasi Program Studi Magister Psikologi Profesi.

[img] Text (Naskah Publikasi)
Naskah publikasi.doc

Download (101kB)

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang diharapkan tidak terjadi dalam dunia pendidikan, karena tindakan tersebut akan berdampak negatif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan prokrastinasi akademik melalui pelatihan Manajemen Diri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK “X”. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group. Data dikumpulkan dengan skala Prokrastinasi Akademik. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-test (Uji-T) diketahui bahwa nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) artinya ada perbedaan nilai posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample T-test diketahui bahwa nilai t = 7,298 dan p = 0,000 (p<0,05), artinya ada perbedaan yang signifikan antara tingkat prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah diberikannya pelatihan manajemen diri pada kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen (KE) memiliki nilai posttest lebih kecil daripada nilai pretest yang ditunjukkan dengan mean sebesar 31,700. Sedangkan pada kelompok kontrol diketahui nilai t = 1,000 dan p = 0,052 (p>0,05). Kesimpulannya adalah pelatihan manajemen diri menjadi salah satu metode intervensi untuk menurunkan prokrastinasi akademik. Kata kunci: Pelatihan Manajemen Diri, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Manajemen Diri, Prokrastinasi Akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:36
Last Modified: 07 Jan 2020 03:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6595

Actions (login required)

View Item View Item