PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada : PT. Paradise Island Furniture)

Amalia, Vita Furotin (2017) PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada : PT. Paradise Island Furniture). Naskah Publikasi Program Studi Manajemen.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan secara simultan pada PT. Paradise Island Furniture. (2) pengaruh keselamatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan secara parsial pada PT. Paradise Island Furniture. (3) pengaruh kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan secara parsial pada PT. Paradise Island Furniture. (4) yang berpengaruh dominan diantara variabel keselamatan dan kesehatan kerja karyawan pada PT. Paradise Island Furniture. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Paradise Island Furniture yang berjumlah 270 orang. Dengan demikian jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 162 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda Hasil uji koefisien regresi secara parsial (uji t) menunjukkan sebagai berikut : (1) Keselamatan kerja secara parsial berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada karyawan PT. Paradise Island Furniture. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t yang diperoleh karena nilai t hitung > t tabel (2,708 > 1,975), sehingga Ho ditolak. (2) Kesehatan kerja secara parsial berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada karyawan PT. Paradise Island Furniture. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t yang diperoleh karena nilai t hitung > t tabel (10,361 > 1,975), sehingga Ho ditolak. Hasil uji koefisien regresi secara serentak (uji F) menunjukkan bahwa keselamatan kerja dan kesehatan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada karyawan PT. Paradise Island Furniture. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F yang diperoleh nilai F hitung > F tabel (435.626 > 3,05), sehingga Ho ditolak. Kesehatan kerja merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas kerja pada karyawan PT. Paradise Island Furniture. Hal ini ditunjukkan karena nilai Beta (Unstandardized Beta) pada variabel kesehatan kerja lebih besar yaitu 0,741, sedangkan pada variabel keselamatan kerja hanya 0,194 Kata kunci : keselamatan kerja, kesehatan kerja, produktivitas kerja karyawan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 29 Sep 2017 06:53
Last Modified: 29 Sep 2017 06:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item