ANALISA PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCE SCORE CARD PADA HOTEL SAHID JAYA YOGYAKARTA

Yuskhar Nugraha, 17062312 (2019) ANALISA PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCE SCORE CARD PADA HOTEL SAHID JAYA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Balance Scorecard (BSC) merupakan kerangka kerja komprehensif untuk menyeimbangkan
kinerja financial dan kinerja non-finansial, yang tersusun dalam empat perspektif yaitu perspektif
keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan pembelajaran dan
pertumbuhan (Hardiyanto: 2005). Untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif
diperlukan bagi Hotel Sahid Jaya Yogyakarta suatu pengukuran kinerja untuk mengevaluasi
hasil-hasil kegiatan perusahaan yang telah dilaksanakan. Dengan menggunakan BSC diharapkan
dapat menciptakan strategi jangka panjang, jangka pendek, intern dan ekstern yang lebih baik .
Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
dan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang mana diambil
dari laporan keuangan Hotel Sahid Jaya Yogyakarta dan ulasan google dari pelanggan/ tamu.
Data yang diperoleh kemudian dikumpulkan dan diolah dengan rumus yang sesuai pada definisi
operasional.
Berdasarkan analisa yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa Hotel Sahid Jaya
Yogyakarta telah tercatat dan terlihat baik dalam Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang
didasari pada kepuasan karyawan hotel, perspektif bisnis internal dan perspektif pelanggan yang
terlihat dari ulasan google dan kepuasan tamu hotel, dan untuk perspektif keuangan terlihat baik
dengan adanya grafik Gross Operating Profit yang terus meningkat hanya saja untuk Operating
Income masih belum mencapai budget yang ditetapkan. Pada perspektif keuangan tersebut
menunjukan bahwa Hotel Sahid Jaya Yogyakarta perlu mengadakan evaluasi pencapaian
keuangan untuk mengontrol pencapaian perstasi perusahaan dalam aspek keuangan.
Kata kunci : Bisnis, Pengukuran Kinerja, Balance Scorecard, Hotel Sahid Jaya Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:54
Last Modified: 10 Oct 2019 03:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item
View Item