Hubungan Antara Intensitas Melihat Iklan Kecantikan Dengan Citra Tubuh Negatif Pada Remaja Putri

Wulandari, Syafriani Dian (2019) Hubungan Antara Intensitas Melihat Iklan Kecantikan Dengan Citra Tubuh Negatif Pada Remaja Putri. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas melihat iklan kecantikan dengan citra tubuh negatif pada remaja putri. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan positif antara intensitas melihat iklan kecantikan dengan citra tubuh negatif pada remaja putri. Subjek penelitian ini yaitu remaja putri dengan usia 18-21 tahun, berjumlah 72 subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Intensitas Melihat Iklan Kecantikan dan Skala Citra Tubuh Negatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Pearson Correlation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,377 dan p = 0,001 (p < 0,050) berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas melihat iklan kecantikan dengan citra tubuh negatif pada remaja putri. Nilai koefisien determinasi (R Squared) sebesar 0,142 menunjukkan bahwa variabel intensitas melihat iklan kecantikan memberikan kontribusi sebesar 14,2% terhadap citra tubuh negatif pada remaja putri dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: citra tubuh negatif, intensitas melihat iklan kecantikan, remaja putri

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:52
Last Modified: 12 Dec 2019 02:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7278

Actions (login required)

View Item
View Item