Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi Booth Pameran Spesial Design Pada Pt Skatindo Sarana Acara

Romadani, Pungki (2019) Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi Booth Pameran Spesial Design Pada Pt Skatindo Sarana Acara. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (Naskha Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (35kB)

Abstract

Harga pokok produksi adalah elemen penting dalam penentuan harga jual sebuah produk, sebagai indikator yang mampu memantau realisasi biaya produksi, sebagai sarana dalam pengukuran tingkat efisiensi dalam proses produksi, dan menentukan besarnya keuntungan yang bisa diraih oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode perhitungan harga pokok produksi booth pameran special design yang digunakan PT Skatindo Sarana Acara melalui analisa perhitungan harga pokok produksi dan mengetahui perbandingannya menggunakan metode full costing dengan full costing. Obyek penelitian adalah proses perhitungan harga pokok produksi booth pameran special design pada PT Skatindo Sarana Acara. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data yang diperoleh akan dianalisa menggunakan metode komparasi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode variable costing menghasilkan harga pokok produksi yang lebih rendah dibandingkan metode full costing yaitu selisih sebesar Rp 14.021,775,-. Perhitungan penggunaan metode variable costing dalam menghitung harga pokok produksi lebih tepat, akurat, dan kompetitif karena metode ini hanya menghitung biaya-biaya yang dikeluarkan selama proses produksi dari proyek terkait saja. Kata kunci : harga pokok produksi, metode full costing, metode variable costing

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 17 Dec 2019 01:25
Last Modified: 17 Dec 2019 01:25
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item