PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH

Narasiang, Natalya (2017) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH. Naskah Publikasi Prodi Akuntansi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kompetensi Sumber daya manusia,penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada seluruh dinas dan BKAD dengan metode purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah pegawai bagian keuangan yang diwakili oleh bendahara pengeluaran, PPK dan bendahara penerimaan di seluruh dinas dan BKAD kabupaten Sleman. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 54 responden. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitas sebelum penelitian. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, multikoleniaritas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji f Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah hal ini dibuktikan melalui uji t diperoleh nilai koefesien regresi sebesar 0,668 dan nilai probabilitas sebesar 0,002. Hipotesis ditolak jika nilai probabilitas < 0,05. Ho ditolak artinya kompetensi sumber daya manusia memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (2) Penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dari uji t diperoleh nilai koefesien regresi sebesar 0,014 dan nilai probabilitas sebesar 0,896. Hipotesis ditolak jika nilai probabilitas < 0,05. Ho diterima artinya penerapan sistem akuntansi keuangan daerah tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. (3) sistem pengendalian intern dari uji t diperoleh nilai koefesien regresi sebesar 0,613 dan nilai probabilitas sebesar 0,000. Hipotesis ditolak jika nilai probabilitas < 0,05. Ho ditolak artinya sistem pengendalian intern memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kata Kunci : Pengaruh Kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Tutut Dewi Astuti, SE., M.Si., Ak., CA.,CTA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 05 Oct 2017 04:52
Last Modified: 05 Oct 2017 04:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item