FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN AUDITOR INTERNAL DALAM MENDETEKSI DAN MENCEGAH FRAUD (KECURANGAN) PADA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Inspektorat Yogyakarta)

Kalorbobir, Yohana Magdalena (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN AUDITOR INTERNAL DALAM MENDETEKSI DAN MENCEGAH FRAUD (KECURANGAN) PADA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Inspektorat Yogyakarta). Naskah Publikasi Prodi Akuntansi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan auditor internal yang terdiri dari skeptisisme profesional, independensi, keahlian profesional dan pengalaman terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi dan mencegah kecurangan (fraud) pada laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada internal auditor pada Inspektorat Yogyakarta sebanyak 30 (tiga puluh) kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang dilakukan untuk mencari apakah terdapat pengaruh dari faktor-faktor tersebut terhadap kemampuan auditor internal dalam mendeteksi dan mencegah kecurangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 86,3% kemampuan auditor internal dalam mendeteksi dan mencegah kecurangan (fraud) pada laporan keuangan pemerintah daerah dipengaruhi oleh skeptisisme profesional, independensi, keahlian profesional dan pengalaman. Dengan menggunakan signifikasi hasil uji t pada analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel skeptisisme profesional (sig. 0,018), indenpendensi (sig. 0,002), keahlian profesional (sig. 0,000), dan pengalaman (sig. 0,000) sehingga memiliki pengaruh terhadap kemampuan auditor internal dalam mendeteksi dan mencegah kecurangan (fraud) pada laporan keuangan pemerintah daerah. Kata Kunci: Skeptisisme, Independensi, Keahlian Profesional, Pengalaman, Pendeteksian Kecurangan, Pencegahan Kecurangan, Auditor Internal

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 05 Oct 2017 09:26
Last Modified: 05 Oct 2017 09:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item