MEMBANGUN REGIONAL BRANDING PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO DIBALIK GERAKAN BELA BELI KULON PROGO(Studi Diskriptif Kualitatif Gerakan Pemkab Kulon Progo Dalam Membangun Regional Branding Melalui Tayangan Media Televisi Bela Beli Kulon Progo di TVRI Yogyakarta Periode Tayangan Mei 2014 s/d April 2016)

Aryatiningsih, Ria (2013) MEMBANGUN REGIONAL BRANDING PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO DIBALIK GERAKAN BELA BELI KULON PROGO(Studi Diskriptif Kualitatif Gerakan Pemkab Kulon Progo Dalam Membangun Regional Branding Melalui Tayangan Media Televisi Bela Beli Kulon Progo di TVRI Yogyakarta Periode Tayangan Mei 2014 s/d April 2016). Naskah Publikasi Prodi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan bagaimana Pemerintah
Kabupaten Kulon Progo membangun Regional branding dalam gerakan Bela Beli
Kulon Progo sebagai citra wilayah. Menganalisa peran bagaimana media televisi
dijadikan alat promosi pemerintah kabupaten Kulon Progo dalam memberikan
gambaran citra wilayah yang mudah diingat pada benak khalayak melalui
program tayangan televisi di TVRI Yogyakarta.
Regional Branding memiliki potensi untuk meningkatkan daya saing
daerah. Sebagai strategi untuk kemajuan perekonomian daerah, regional branding
diharapkan dapat menciptakan citra melalui promosi kepentingan ekonomi, sosial
dan budaya. Media televisi dipilih sebagai alat promosi yang tepat dan dapat
mendatangkan banyak keuntungan bagi pihak pemerintah kabupaten dan juga
stasiun televisi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini mendiskripsikan dan
melihat bagaimana program tayangan televisi gerakan Bela Beli Kulon Progo
yang dibuat oleh Pemkab mampu membangun citra Kulon Progo. Dengan
menonjolkan dari sekian banyaknya potensi dan produk sumber daya alam
maupun manusianya.
Dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, studi ini
menemukan bahwa strategi regional branding yang digunakan seperti
Differentiation, Relevance, Esteem, Awareness, dan mind. Penelitian ini
menunjukan produk dari regional branding gerakan Bela Beli Kulon Progo bisa
membangkitkan semangat kemandirian untuk perubahan ekonomi yang lebih
baik. Kesadaran, Kemandirian, dan Alat promosi yang tepat diperlukan untuk
membangun regional branding gerakan Bela Beli Kulon Progo sebagai landasan
untuk meningkatkan daya saing baik didalam daerah maupun nasional.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:42
Last Modified: 24 Jul 2017 09:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item
View Item