KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK TUNAGRAHITA DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Pada Anak Penyandang Tunagrahita di Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta )

Maula, Fina Rakhmatul (2020) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK TUNAGRAHITA DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Pada Anak Penyandang Tunagrahita di Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta ). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
SKRIPSI FULL TEXT - 17072277.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang memiliki kemampuan intelektual di bawah rata-rata. Kecerdasan dibawah rata-rata normal ini menyebabkan tunagrahita mempunyai kesulitan dalam berkomunikasi serta dalam hal bina diri. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal pada anak tunagrahita dalam membangun kemandirian di Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal melalui keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan dalam membangun kemandirian pada anak tunagrahita yang dilakukan oleh Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui langkah pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan berperan serta, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan - tahapan dalam komunikasi interpersonal yaitu keterbukaan (openness), empati (emphaty), dukungan (supportive), rasa positif (positiveness) dan kesamaan (equality) yang dilakukan oleh guru serta orang tua asuh di Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta terhadap anak penyandang tunagrahita sangat berperan dalam membentuk kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Anak Tunagrahita, Kemandirian
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2022 05:23
Last Modified: 03 Jan 2022 05:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8497

Actions (login required)

View Item View Item