Strategi Social Media Marketing Pada Dailynoon Store Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @dailynoon.store)

Putri, Larasati Dyah Kusuma (2020) Strategi Social Media Marketing Pada Dailynoon Store Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @dailynoon.store). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, individu memanfaatkan sarana tersebut dalam berbagai aspek. Salah satu bidangnya yaitu komunikasi pemasaran. Bidang tersebut menjadikan media sosial sebagai instrumen penting dalam mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran di ranah bisnis. Dewasa ini penggunaan situs media sosial sebagai media interaksi sosial secara online semakin meluas dan mendunia. Dari deretan media sosial yang kerap kali dimanfaatkan para pelaku bisnis, salah satunya adalah Instagram dengan segala featurenya yang dapat menjadi senjata yang bermanfaat bagi para pebisnis. Dailynoon Store menjadi salah satu ukm pionir handcraft yang menggunakan Instagram sebagai medium dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi social media marketing yang diterapkan oleh Dailynoon Store pada akun Instagram @dailynoon.store guna meningkatkan penjualan. Penulisan skripsi ini mengacu pada dimensi social media marketing menurut As’ad dan Alhadid yang terdiri dari lima dimensi yaitu online communities, interaction, sharing of content, accessibility dan credibility. Yang kemudian dikorelasikan dengan strategi social media marketing yang diterapkan oleh Dailynoon Store. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif yang ditunjukkan dengan memberikan gambaran dari suatu fokus penelitian berdasarkan pengolahan sumber data dan fakta, yaitu strategi social media marketing pada Dailynoon store untuk meningkatkan penjualan melalui akun Instagram @dailynoon.store. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa Dailynoon Store telah menerapkan dimensi social media marketing As’ad dan Alhadid. Tetapi pada beberapa dimensi belum diterapkan secara optimal. Peningkatan penjualan berhasil dicapai setelah Dailynoon mengalami transformasi pada strategi social media marketing yang digunakan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Social media marketing, Instagram, Dimensi Social Media Marketing, Peningkatan Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:54
Last Modified: 05 Jan 2022 01:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8531

Actions (login required)

View Item View Item