EKSISTENSI PUBLIC RELATIONS DI MANAJEMEN LAYANAN RUMAH SAKIT JIH YOGYAKARTA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN SECARA SYARIAH ( Studi Kualitatif Periode Agustus-September 2019)(MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL)

Sari, Febriana Endah (2020) EKSISTENSI PUBLIC RELATIONS DI MANAJEMEN LAYANAN RUMAH SAKIT JIH YOGYAKARTA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN SECARA SYARIAH ( Studi Kualitatif Periode Agustus-September 2019)(MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
ABSTRAK_FEBRI_13072006.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB SATU (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
BAB I _FEBRI_13072006.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB DUA (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
BAB II_FEBRI_13072006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
BAB III_FEBRI_13072006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
BAB IV _FEBRI_13072006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB LIMA (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
BAB V _FEBRI_13072006.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
DAFTAR PUSTAKA_FEBRI_13072006.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
LAMPIRAN_FEBRI_13072006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP (MOHON TIDAK DIPUBLIKASIKAN, DALAM PROSES REVIEW DI JURNAL))
SKRIPSI_FEBRI_13072006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemudahan akses layanan kesehatan menjadi faktor penting untuk meningkatkan mutu layanan Rumah Sakit. Kemudahan akses tersebut diantaranya adalah mudahnya informasi layanan rumah sakit yang tersampaikan kepada pelanggannya dan kecepatan dalam penanganan keluhan pelanggan. Public Relations rumah sakit berperan sebagai communicator dan mediator sehingga harus mampu menjalankan peran keduanya dengan baik. Penelitian yang penulis lakukan ini bertujuan untuk memenuhi syarat mendapatkan gelar sarjana dan untuk mengetahui Bagaimana Eksistensi Public Relations Di Manajemen Layanan Rumah Sakit ”JIH” Yogyakarta Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Secara Syariah. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang penulis peroleh melalui observasi atau terjun langsung di lapangan, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu (1) Reduksi Data atau mencatat data yang didapat saat observasilangsung dilapangan, (2) Penyajian Data, penyajian data dalam bentuk naratif agar lebih mudah dipahami dengan apa yang terjadi, (3) Verification atau menarik kesimpulan sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan. Dalam penelitiannya, mengapa penelitian ini diambil di Rumah Sakit “JIH” Yogyakarta karena pada dasarnya masyarakat membutuhkan informasi pelayanan kesehatan yang bagus dan fasilitas lengkap dengan didukung teknologi modern. Rumah Sakit “JIH” sudah melakukan Survey Akreditasi Syariah pada Juli 2019 dan di nyatakan lulus pada Oktober 2019. Hal ini terlihat dari berbagai media yang digunakan sebagai saran informasi untuk pelanggan dan pelaksanaan proses penyelesaian keluhan pelanggan sesuai dengan standar Syariah yang sudah berjalan dengan baik walaupun belum sempurna. Sehingga pasien yang datangpun tak lagi dari Yogyakarta tetapi dari berbagai daerah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Customer Relations, Keluhan Pelanggan, Manajemen Penyelesaian Keluhan Pelanggan Secara Syariah
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:54
Last Modified: 29 Dec 2021 04:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8613

Actions (login required)

View Item View Item