LAPORAN PENELITIAN TERAPAN : ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 (K-13) (Penelitian Studi Kasus Multisitus di sekolah menengah di Seyegan, Sedayu dan Kota Yogyakarta)

Hermayawati, Hermayawati and Arini, Restu (2017) LAPORAN PENELITIAN TERAPAN : ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 (K-13) (Penelitian Studi Kasus Multisitus di sekolah menengah di Seyegan, Sedayu dan Kota Yogyakarta). Laporan Penelitian. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Yogyakarta.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
Hermayawati_Penelitian 2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan menganalisis kesulitan para guru bahasa Inggris di SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas) yang memiliki MoU (Memorandum of Understanding) dengan FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta di Wilayah Kabupaten Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta dalam mengimplementasikan K- 13. Target khusus penelitian ini adalah mengumpulkan dan menganalisis data menyangkut: (1) pemahaman guru terhadap muatan K-13; (2) permasalahan guru dalam menerapkan K- 13; dan (3) hasil analisis terkait praktik pembelajaran dan evaluasinya bahasa Inggris di SMP dan SMA sasaran. Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus Multisitus (Multisites Case Study) dan dilakukan selama 10 bulan dengan melibatkan 20 orang guru bahasa Inggris SMP dan SMA di wilayah Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta yang telah menerapkan K-13. Studi Kasus Multisitus (SKM) adalah pendekatan penelitian untuk menjawab permasalahan pendidikan secara komprehensif dengan melibatkan subyek penelitian terbatas, sesuai dengan kasus yang dikaji. Data penelitian ini berupa data primer atau data kualitatif (berupa hasil wawancara dengan guru) dan data sekunder atau data kuantitatif (berbagai dokumentasi administrasi guru yang tersedia) dan hasil observasi langsung. Perolehan data penelitian ini kemudian dianalisis sesuai dengan jenis data masing-masing, yaitu sebagai berikut. Hasil in-depth open-ended interview dianalisis menggunakan formula Aiken’s V, sedangkan data sekunder dianalisis menggunakan content analysis model McDonough & McDonough dan Likert Scale. Hasil analisis perolehan data adalah seperti berikut. Pertama, sebagian besar guru belum memahami sepenuhnya dalam menerapkan K-13, terutama dalam mengaitkan nilainilai sikap moral ke dalam materi pembelajaran. Kedua, pengadaan materi ajar secara terstandar yang sesuai dengan kebutuhan dan 9 aspek pola penyempurnaan pendidikan belum dilakukan secara konsisten terutama pada aspek pembelajaran interaktif, saintifik, penggunaan materi aktual otentik, penggunaan multimedia, dan mendorong siswa berpikir kritis. Ketiga, sebagian besar guru belum mengembangkan perangkat administrasi silabus, RPP, materi ajar secara mandiri dan masih tergantung menggunakan administrasi dari sumber lain. Keempat, perihal penilaian hasil belajar peserta didik, sebagian besar guru sudah menggunakan sistem penilaian portofolio terutama untuk menentukan nilai akhir.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Studi Kasus, K-13, profesi, integrated skills, Aiken’s V
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 05 Aug 2020 05:10
Last Modified: 05 Aug 2020 05:10
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9000

Actions (login required)

View Item View Item