Laporan Akhir: Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi Analisis Hasil Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Menggunakan Vlog Dan Hots (Studi Kasus Pada Jurusan Agroteknologi FAI UMB Yogyakarta)

Hermayawati, Hermayawati (2018) Laporan Akhir: Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi Analisis Hasil Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Menggunakan Vlog Dan Hots (Studi Kasus Pada Jurusan Agroteknologi FAI UMB Yogyakarta). Laporan Penelitian. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Yogyakarta.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
Hermayawati_Penelitian 2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni) telah sejak lama merambah ke dalam dunia pendidikan, termasuk pendidikan bahasa Inggris di berbagai tataran. Eksistensi gawai (Gadgets) identik dengan keberadaan pemelajar ‘zaman now’. Namun demikian, selama ini ada kekhawatiran tentang pengaruh negatif atas eksistensi gawai bagi peserta didik. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan oleh pendidik untuk mengatasi pengaruh negatif tersebut, dengan memanfaatkan gawai sebagai sarana pembelajaran. Saat penelitian ini dilakukan, telah bermunculan berbagai metode pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai situs yang bisa seperti You Tube, Messenger, Blog dan VLOG (Video Blog). Seiring dengan hal itu, pembelajaran bahasa Inggris yang sebelumnya kurang menyenangkan karena dipandang sulit, saat ini dapat dipermudah melalui pemanfaatan gawai misalnya melalui Blended Learning (BL). BL memanfaatkan berbagai sumber atau informasi yang dapat di-download untuk dipelajari bersamasama di kelas baik secara individu maupun berkelompok. Pemanfaatan metode tersebut sesuai dengan konsep HOTS (High Order Thinking Skill) hasil pengembangan Taksonomi Bloom oleh Anderson dan Krathwohl (2002) yang akhir-akhir ini banyak dikembangkan dalam dunia pendidikan termasuk pendidikan bahasa Inggris (PBI) level lanjut di Perguruan Tinggi. Pembelajaran Bahasa Inggris (BI) sebagaimana disebutkan di atas telah sejak tiga tahun terakhir dikembangkan peneliti pada jurusan Agroteknologi Fakultas Agroindustri UMBY. Atas dasar fenomena sebagaimana diuraikan di muka, penelitian ini secara umum bertujuan menganalisis hasil pembelajaran BI dengan memanfaatkan media VLOG dan teknik HOTS tersebut secara terintegrasi. Tujuan analisisnya adalah untuk menemukan teori baru menyangkut PBI khususnya untuk tataran lanjut (Advanced English Learning Using VLOG) menggunakan kedua instrumen tersebut. Target penelitiannya adalah berupa draft artikel ilmiah yang dipublikasikan baik melalui Prosiding seminar internasional UTIC (UAD) maupun melalui jurnal internasional bereputasi seperti AWEJ (Arab World English Journal) atau IJIER (International Journal for Innovation Education and Research). Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan penelitian menggunakan pendekatan pembelajaran ESP (English for Specific Purposes) for Advanced English Learning (ESPAEL) khusus untuk jurusan Agroteknologi. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) UMB Yogyakarta ini merujuk pada RIP klaster kelima yaitu Klaster Etika Budaya dan Komunikasi, yang selanjutnya dirumuskan ke dalam topik riset dengan memperhatikan analisis kebutuhan (AK): mahasiswa, lembaga perguruan tinggi, masyarakat pengguna lulusan dan tantangan global dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methods Study) dan melibatkan sejumlah 70 mahasiswa Agroteknologi Semester Gasal Tahun Ajaran 2017/2018 FAI UMB Yogyakarta. Datanya berupa hasil dokumentasi penilaian portofolio termasuk hasil diskusi makalah jurnal dan proposal penelitian mahasiswa dalam Vlog berbahasa Inggris Lanjut. Analisis datanya menggunakan ‘Desain Triangulasi Model Konvergensi’ menurut McMillan dan Schumacher (2010). Hasil analisis datanya baik yang berupa data kuantitatif maupun kualitatif dibandingkan dan selanjutnya diinterpretasikan sebagai hasil penelitian yang berupa konsep dan dapat menjadi cikal-bakal (prototype) pembelajaran bahasa Inggris bagi jurusan Agroteknologi yang disebut AELUV (Advanced English Learning Using VLOG).

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: VLOG, HOTS, Blended Learning, Mixed Methods Study, Advanced English
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 05 Aug 2020 05:15
Last Modified: 05 Aug 2020 05:15
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item