Strategi Promosi Industri Kerajinan Perak HS Silver di Kotagede Yogyakarta

Astuti, Monita Dwi Setya (2020) Strategi Promosi Industri Kerajinan Perak HS Silver di Kotagede Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIS_MONITA.docx

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang "Strategi Promosi Industri Kerajinan Perak HS Silver di Kotagede Yogyakarta". Dalam penelitian ini membahas tentang strategi promosi dan kerajinan perak HS Silver. Strategi promosi merupakan upaya pemasaran yang bersifat media dan non media untuk merangsang coba-coba dari konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen atau untuk memperbaiki kualitas produk. Strategi promosi yang digunakan di HS Silver menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook Ads, dan Website. Dalam teori strategi promosi ini menggunakan 4P untuk menentukan pemasarannya yaitu product, price, place, promotion. Industri kerajinan perak HS Silver ini memiliki dua jenis yaitu Filligree dan solid silver. Filligree jenis perak yang dihasilkan dari benang, sedangkan solid silver kerajinan perak yang terbuat dari perak padat. Di teori strategi promosi menggunakan bauran pemasaran antara lain yaitu periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung. Kerajian perak yang ada di HS Silver menawarkan kepada wisatawan dengan sebutan wisata budaya dengan nama “Workshop HS Silver”. Ciri khas yang masih dipertahaankan sampai saat ini adalah perajin perak ini masih mengandalkan pembuatan karyanya secara manual atau dengan menggunakan keterampilan tangan. Hampir sebagian penduduk di Kotagede adalah pengrajin perak dan sepanjang jalan di Kotagede sudah puluhan toko yang menjual kerajinan perak. Promosi sebagai serangkaian untuk mencapai targed perusahaan. Dengan adanya kegiatan promosi yang berfungsi sebagai alat komunikasi, penjual tentunya mengenalkan produk terlebih dahulu ke konsumennya agar konsumen tersebut memiliki daya tarik untuk memutuskan ke pembelian produk. Tujuan promosi diantaranya membujuk, memberitahu (informasi), dan mengingatkan. Dari tujuan ini bahwa promosi menjadi alat komunikasi untuk mempengaruhi konsumen agar mereka menjadi kenal akan produk yang ditawarkan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Kerajinan Perak HS Silver
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:31
Last Modified: 27 Dec 2021 03:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item