PENERAPAN STRATEGI COSTUMER RELATION MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

Prasetyo, Okta Dwi (2017) PENERAPAN STRATEGI COSTUMER RELATION MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK - OKTA DWI PRASETYO - ILMU KOMUNIKASI - 10071049.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - OKTA DWI PRASETYO - ILMU KOMUNIKASI - 10071049.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - OKTA DWI PRASETYO - ILMU KOMUNIKASI - 10071049.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB III - OKTA DWI PRASETYO - ILMU KOMUNIKASI - 10071049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV - OKTA DWI PRASETYO - ILMU KOMUNIKASI - 10071049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V - OKTA DWI PRASETYO - ILMU KOMUNIKASI - 10071049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
COVER, DAFTAR ISI, DAFTAR PUSTAKA - OKTA DWI PRASETYO - ILMU KOMUNIKASI - 10071049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT - OKTA DWI PRASETYO - ILMU KOMUNIKASI - 10071049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Penerapan Strategi Costumer Relation Management Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan dan Loyalitas Pelanggan (studi kasus pada PT. Nasmoco Bantul Tahun 2014-2015). Tujuan dari penelitian ini adalah berisi mengenai hal-hal yang ingin dicapai dari masalah Strategi Costumer Relationship Managgement PT. Nasmoco Bantul dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan yaitu untuk mengetahui sebagaimana besar pengaruh penerapan costumer relationship management kepada loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif. Penelitian kualitatif merupakan suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dengan observasi, arsip-arsip, wawancara. Pembahasannya dianalisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interprestasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang, dimana semua informan merupakan bagian penting di PT Nasmoco Bantul. Dari hasil deskriptif diperolah (a)adanya kemauan dari karyawan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, (b)adanya pengetahuan dalam memberikan pelayanan kepada kosnumen, adanya fasilitas yang disediakan oleh perusahaan karyawan untuk mendukung pekerjaan yang nantinya akan berdampak pada kualitas pelayanan pada konsumen, (c)adanya pengetahuan komunikasi dari karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen, (d)adanya sifat kejujuran dan sifat dapat dipercaya dari perusahaan dalam memberikan kualitas pelayanan yang terbaik buat konsumen, (e)adanya jaminan keamanan yang diberikan pada konsumen baik dalam hal administrasi, asuransi ataupun hal transaksi secara online ataupun secara off line. , dapat ditarik kesimpulan bahwa pelanggan yang membeli produk dari perusahaan PT Nasmoco Bantul, tidak semata menjadi pembeli di waktu itu. Dengan program Customer Relationship Management ini diharapkan, pelanggan tersebut bisa kembali bahkan dengan membantu pemasaran ke konsumen lain. Adanya kesiapan dari karyawan dalam menerima dan mempertahankan pelanggan sangat menjadi kunci utama perusahaan dalam ambil adil untuk mempertahankan palanggan. Fasilitas dari perusahaan sebagai faktor pendukung diharapkan bisa mempermudah interakti antara karyawan perusahaan ke pelanggan. Kata Kunci: Komunikasi, Costumer Relation Management, Layanan, Loyalitas, Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Niken Puspitasari, S.IP., M.A
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Nov 2017 10:03
Last Modified: 06 Nov 2017 10:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item