Gusti, Diesty Ayu Restuning (2017) MARKETING COMMUNICATION DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI THE ROYALE KRAKATAU HOTEL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (90kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (195kB) | Preview
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (295kB)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (668kB)
BAB 5.pdf
Download (87kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (644kB)
Abstract
Cilegon merupakan salah satu kota dari Provisi Banten yang memiliki potensi pariwisata. Saat ini kota Cilegon sedang gencar melakukan perbaikan-perbaikan fasilitas untuk keperluan pariwisata salah satunya adalah pembangunan hotel di sejumlah titik di kota Cilegon. Kegiatan ini membuat salah satu hotel yang notabenenya sudah lama berdiri yaitu The Royale Krakatau Hotel yang sempat terpengaruh oleh persaingan hotel-hotel yang baru berdiri di kota Cilegon.
Marketing Communication merupakan kegiatan yang dilakukan oleh bagian marketing dan communication, yang mana dalam kegiatan tersebut marketing dan communication bersinergi dalam melakukan perencanaan, pengenalan, dan pengevaluasian suatu produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat umum atau sebagai konsumen. Pada dasarnya, dalam setiap perusahaan maupun perhotelan membutuhkan Marketing Communication sebagai kegiatan yang mengatur proses dalam merencanakan produk dan pengevaluasian produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Teori yang digunakan yaitu Relationship Management Theory oleh Ledingham, Relationship Management Theory menjelaskan dalam suatu organisasi perlu melakukan relasi dengan publiknya, baik publik internal maupun publik eksternal dan ini akan menciptakan keselarasan dalam berdampingan, dan konsep strategi Marketing Communication yang dipaparkan oleh Kotler.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data Observasi dan wawancara serta menggunakan dua narasumber yang diantaranya menjadi key informan yaitu Manager sales and marketing, Public Relation. Sedangkan empat orang konsumen menjadi informan pendukung. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu Marketing Communication The Royale Krakatau Hotel dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung melalui kegiatan strategi komunikasi pemasaran yaitu product, price, place, dan promotion. Hal tersebut dilakukan untuk lebih meningkatkan jumlah pengunjung, sekaligus mempromosikan hotel agar tidak sepi.
Kata Kunci : Marketing Communication, Relationship Management
Theory, Publik Eksternal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | M. Nastain, S.Sos.I, M.Ikom |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 04:14 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1000 |