Pengendalian Internal Bantuan Dana Stimulan Bagi Penyandang Disabilitas Di Shg (Self Help Group) Padi Mandiri Sragen (Studi Kasus Di Shg Padi Mandiri Kabupaten Sragen)

Saraswati, Pusparani (2020) Pengendalian Internal Bantuan Dana Stimulan Bagi Penyandang Disabilitas Di Shg (Self Help Group) Padi Mandiri Sragen (Studi Kasus Di Shg Padi Mandiri Kabupaten Sragen). Pengendalian Internal Bantuan Dana Stimulan Bagi Penyandang Disabilitas Di Shg (Self Help Group) Padi Mandiri Sragen (Studi Kasus Di Shg Padi Mandiri Kabupaten Sragen). pp. 1-14.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI Pusparani Saraswati 13062172.docx

Download (43kB)

Abstract

Pengendalian internal yang baik memiliki peran yang penting bagi organisasi dalam merencanakan, mengawasi, mengontrol dan mengendalikan kegiatan operasional organisasi. Pengelolaan bantuan dana stimulan yang baik memerlukan sistem pengendalian internal yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengendalian internal dari pengelolaan bantuan dana stimulan yang diberikan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur di SHG Padi Mandiri Sragen. Penelitian ini menggunakan komponen pengendalian internal Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) 2013, untuk mendukung yaitu Lingkungan Pengendalian (Control Environment), Penilaian Resiko (Risk Assessment), Aktivitas Pengendalian (Control Activities), Informasi dan Komunikasi (Information and Communication), Pemantauan (Monitoring). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuisioner, pengamatan dan pemanfaatan data - data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal di SHG Padi Mandiri khususnya dalam pengelolaan bantuan dana stimulan dilakukan dengan baik, namun masih terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan agar organisasi SHG Padi Mandiri berjalan dengan lebih baik.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal, Bantuan Dana Stimulan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:50
Last Modified: 02 Feb 2022 06:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item
View Item