Testiana, Reni (2020) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Matematika Pada Siswa Kelas Iv. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (42kB)
Abstract
Siswa dengan kecemasan matematika biasanya mengalami kesulitan adaptasi dalam proses pembelajaran matematika, sehingga berdampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar terutama pada mata pelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya kecemasan matematika adalah kepercayaan diri. oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan matematika pada siswa kelas IV, adapun hipotesis yang diajukan pada penelitian ini yaitu ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan matematika pada siswa kelas IV. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Kecemasan Matematika dan skala Kepercayaan Diri dengan metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari pearson. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh koefisien korelasi sebesar (rxy) - 0,327 p ≤ 0,050. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan negatif yang signitifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan matematika pada siswa kelas IV. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | kecemasan matematika, kepercayaan diri, siswa kelas IV |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 01:11 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 01:42 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10201 |