Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Matematika Pada Siswa Kelas Iv

Testiana, Reni (2020) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Matematika Pada Siswa Kelas Iv. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (42kB)

Abstract

Siswa dengan kecemasan matematika biasanya mengalami kesulitan adaptasi dalam proses pembelajaran matematika, sehingga berdampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar terutama pada mata pelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya kecemasan matematika adalah kepercayaan diri. oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan matematika pada siswa kelas IV, adapun hipotesis yang diajukan pada penelitian ini yaitu ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan matematika pada siswa kelas IV. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Kecemasan Matematika dan skala Kepercayaan Diri dengan metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari pearson. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh koefisien korelasi sebesar (rxy) - 0,327 p ≤ 0,050. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan negatif yang signitifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan matematika pada siswa kelas IV. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: kecemasan matematika, kepercayaan diri, siswa kelas IV
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:11
Last Modified: 04 Feb 2022 01:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10201

Actions (login required)

View Item
View Item