Perancangan Media Promosi Dan Kemasan Kreatif Produk Ikat Celup Produksi Umkm Ikat Celup Purworejo, Jawa Tengah Sebagai Media Dalam Mempromosikan Produk Pada Masyarakat

Ariesta, Dhita (2021) Perancangan Media Promosi Dan Kemasan Kreatif Produk Ikat Celup Produksi Umkm Ikat Celup Purworejo, Jawa Tengah Sebagai Media Dalam Mempromosikan Produk Pada Masyarakat. Perancangan Media Promosi Dan Kemasan Kreatif Produk Ikat Celup Produksi Umkm Ikat Celup Purworejo, Jawa Tengah Sebagai Media Dalam Mempromosikan Produk Pada Masyarakat. pp. 1-19.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI_17071010_Dhira Ariesta.docx

Download (567kB)

Abstract

Trend berpakaian kini semakin menjadi perhatian publik. Trend berpakaian ini menjadi hal yang tidak dapat terlepas dari perhatian banyak orang. Apalagi ditambah dengan gencarnya trend Outfit of The Day. Adanya trend dalam berpakaian tersebut memberi peluang besar pada UMKM Ikat Celup untuk mengenalkan produknya pada masyarakat luas. UMKM Ikat Celup menyediakan produk-produk berupa tote bag, sling bag, jilbab, dan kaos yang terbuat dari bahan dasar pewarna alam.
Proses perancangan melalui tahapan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats), kemudian data tersebut diolah dengan melakukan client brief, yang dilanjutkan project brief. Tahapan penciptaan media promosi dan kemasan kreatif dengan proses membuat layout gagasan, layout kasar, layout lengkap, final desain. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya berupa perangkat manual pensi, kertas, spidol, bulpoin, pengahpus, penggaris dan perangkat berupa laptop, handphone. Serta software (perangkat lunak) berupa program grafis Adobe Illustrator dan software Microsoft Word. Proses finishing dilakukan dengan sistem digital printing.
Hasil dari perancangan media promosi UMKM Ikat Celup Purworejo, Jawa Tengah berupa label produk, label kemasan sebagai label pada kemasan, kemasan, dan template feed instagram. Warna-warna yang digunakan adalah warna-warna yang identik dengan soft. Target audience perancangan media promosi dan kemasan kreatif ini adalah remaja hingga orang tua. Media promosi menggunakan instagram.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Perancangan Media Promosi, Kemasan Kreatif, Desain Kreatif
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:43
Last Modified: 07 Mar 2022 00:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10688

Actions (login required)

View Item
View Item