Implementasi Komunikasi Pemasaran Buku Tahunan Sekolah Di Agensi 8 Creative Yogyakarta Tahun 2020

Pratama, Bimo Adi (2020) Implementasi Komunikasi Pemasaran Buku Tahunan Sekolah Di Agensi 8 Creative Yogyakarta Tahun 2020. Implementasi Komunikasi Pemasaran Buku Tahunan Sekolah Di Agensi 8 Creative Yogyakarta Tahun 2020. pp. 1-18.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI Bimo.docx

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi komunikasi pemasaran buku tahunan sekolah di agensi 8 Creative Yogyakarta. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah melihat persaingan agensi buku tahunan yang semakin ketat di Yogyakarta dan perubahan perilaku konsumen di era internet saat ini, maka agensi 8 Creative sebagai agensi buku tahunan yang baru memerlukan komunikasi pemasaran yang sesuai dengan kemampuan agensi 8 Creative dan kebutuhan konsumen, yaitu melalui implementasi komunikasi pemasaran.
Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan data apa adanya dan menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat penjelasan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan analisis kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pertama Implementasi Komunikasi Pemasaran melalui media cetak selebaran (leaflet), diintegrasikan dengan komunikasi pemasaran personal selling untuk mendekatkan produk buku tahunan 8 Creative dengan konsumen.Kedua adalah Implementasi Komunikasi Pemasaran melalui Instagram yang merupakan aplikasi berbagi foto, video dan informasi yaitu dengan mengunggah foto konsep 8 Creative sebagai katalog produk dalam promosi visual menimbulkan respon dari pengguna Instagram lain. Komunikasi antar konsumen dalam Instagram 8 Creative adalah komunikasi pemasaran Word of Mouth sebagai pemasaran Viral yaitu konsumen menceritakan produk 8 Creative kepada konsumen lain secara online.Ketiga adalah komunikasi pemasaran yang utama digunakan 8 Creative adalah periklanan, personal selling dan word of mouth. Dalam implementasi komunikasi pemasaran buku tahunan sekolah di 8 creative, bahwa ketiga komunikasi pemasaran tersebut terintegrasi dengan alat komunikasi pemasaran lainnya yaitu promosi penjualan (sales promotion) dan hubungan masyarakat (public relation).

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Komunikasi, Pemasaran, Promosi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:00
Last Modified: 02 Feb 2022 05:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10733

Actions (login required)

View Item
View Item