PENGARUH STRESS KERJA, BEBAN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN RSUD PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN DALAM MENGHADAPI ANCAMAN PANDEMI COVID-19

Huda, Moh Nurkholis (2020) PENGARUH STRESS KERJA, BEBAN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN RSUD PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN DALAM MENGHADAPI ANCAMAN PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Bab Satu]
Preview
Text (Bab Satu)
BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab Dua] Text (Bab Dua)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[thumbnail of Bab Tiga] Text (Bab Tiga)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of Bab Empat] Text (Bab Empat)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab Lima]
Preview
Text (Bab Lima)
BAB 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI NURKHOLIS_16051165_R23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini dunia tengah sibuk menghadapi pandemic Covid-19. Di Indonesia, tidak sedikit yang menjadi korban. Imbasnya, kasus pandemic tersebut secara otomatis menjadi beban dan tanggung jawab para petugas kesehatan, khususnya di RSUD Prambanan, Kabupaten Sleman. Banyak hal yang perlu didalami terkait bagaimana kinerja tenaga kesehatan ditengah situasi pandemic, diantaranya stress kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan pada rumusan masalah tentang pengaruh dari ketiga variabel (stress kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja) terhadap Kinerja petugas medis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi atau studi di lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 30 orang petugas medis di RSUD Pramabanan. Setelah data kuesioner terkumpul, maka akan dilakukan proses olah data menggunakan program SPSS. Olah data yang disajikan diantaranya : analisis deskriptif, uji instrument, asumsi klasik, regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinan (R2). Landasan teori yang digunakan adalah definisi serta indikator yang dapat menjelaskan ketiga variabel yang digunakan untuk penelitian.
Berdasarkan hasil olah data, secara simultan variabel stress kerja, beban kerja dan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja petugas kesehatan. Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan sebagai berikut :
Y = 4.541 + 0.106X1 – 0.205X2 + 0.114X3 + e
Dari persamaan regresi diatas, variabel stress kerja (X1) berpengaruh positif terhadap kinerja. Artinya, semakin tinggi stress yang dialami oleh petugas kesehatan maka kinerja petugas kesehatan akan meningkatkan, begitu sebaliknya. Variabel beban kerja (X2) berpengaruh negatif terhadap kinerja. Artinya, semakin tinggi beban yang dirasakan oleh petugas kesehatan, maka kinerja akan menurun, begitu sebaliknya. Dan variabel lingkungan kerja (X3) berpengaruh positif terhadap kinerja. Artinya, jika lingkungan kerja pada RSUD Prambanan terlihat rapi, bersih,kondusif, aman, dan nyaman akan meningkatkan kinerja para petugas kesehatan, begitupun sebaliknya. Nilai koefisien R2 adalah 0.338 (atau 33.8%). Artinya, pada penelitian ini kemampuan variabel Stress Kerja, Beban Kerja dan Lingkungan Kerja untuk dapat menjelaskan variabel Kinerja adalah lemah yaitu hanya sebesar 33.8%, sedangkan sisanya 68.2% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY kampus 3
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Kinerja, Stress Kerja, Beban Kerja, dan Lingkungan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:38
Last Modified: 23 Dec 2021 04:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10773

Actions (login required)

View Item
View Item