PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI PADA REMAJA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI X YOGYAKARTA

Arista, Tiara Dias (2020) PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI PADA REMAJA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI X YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan berpikir positif terhadap tingkat konsep diri pada remaja di Balai Perlindungan dan RehabilitasiX Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 12 orang remaja yang memiliki skor konsep diri dengan kategori rendah dan sedang, terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pemilihan subjek untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan teknik random assignment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa skala konsep diri, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann Withney-U untuk melihat perbedaan tingkat konsep diri pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dan Wilcoxon Rank Test untuk melihat perbedaan skor konsep diri pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan berpikir positif. Hasil analisis Mann Withney-U menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada skor konsep diri kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai Z = -2,342 dan p = 0,019. Hasil Wilcoxon Rank Test menunjukkan perbedaan signifikan pada skor konsep diri kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan berpikir positif dengan nila Z= -2,207 dan p = 0,027. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan konsep diri pada remaja di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi X Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pelatihan berpikir positif, Konsep diri, Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:56
Last Modified: 23 Dec 2021 02:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10856

Actions (login required)

View Item
View Item