Pelatihan Berpikir Positif Untuk Meningkatkan Konsep Diri Pada Remaja Di Balai Perlindungan Dan Rehabilitasi X Yogyakarta

Arista, Tiara Dias (2020) Pelatihan Berpikir Positif Untuk Meningkatkan Konsep Diri Pada Remaja Di Balai Perlindungan Dan Rehabilitasi X Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi Profesi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan berpikir positif terhadap tingkat konsep diri pada remaja di Balai Perlindungan dan RehabilitasiX Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 12 orang remaja yang memiliki skor konsep diri dengan kategori rendah dan sedang, terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pemilihan subjek untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan teknik random assignment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa skala konsep diri, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann Withney-U untuk melihat perbedaan tingkat konsep diri pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dan Wilcoxon Rank Test untuk melihat perbedaan skor konsep diri pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan berpikir positif. Hasil analisis Mann Withney-U menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada skor konsep diri kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai Z = -2,342 dan p = 0,019. Hasil Wilcoxon Rank Test menunjukkan perbedaan signifikan pada skor konsep diri kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan berpikir positif dengan nila Z= -2,207 dan p = 0,027. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan konsep diri pada remaja di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi X Yogyakarta.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pelatihan berpikir positif, Konsep diri, Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:56
Last Modified: 04 Feb 2022 03:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10858

Actions (login required)

View Item
View Item