Manajemen Komunikasi Dinas Pariwisata Sleman Dalam Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Desa Wisata kabupaten Sleman

Ningsih, Mely Rinda Niati (2020) Manajemen Komunikasi Dinas Pariwisata Sleman Dalam Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Desa Wisata kabupaten Sleman. Manajemen Komunikasi Dinas Pariwisata Sleman Dalam Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Desa Wisata kabupaten Sleman. pp. 1-21.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi_Mely Rinda Niati.docx

Download (154kB)

Abstract

Pariwisata merupakan komoditas yang mampu bergerak sangat cepat dalam memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian negara. Kepariwisataan saat ini menjadi satu-satunya andalan pemerintah sebagai sumber penerimaan devisa negara terbesar. sektor ekonomi pariwisata mampu menjadi solusi negara dalam meminimalisir tingkat kemiskinan dan kesenjangan pembangunan di wilayah khususnya perdesaan. Potensi masyarakat dengan karakter kehidupan yang khas, terbentuk dari budaya yang menjadi ciri dari wilayah pedesaan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kegiatan manajemen komunikasi sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam memberikan pelayanan prima kepada wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis manajemen komunikasi dinas pariwisata dalam kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap pengelola desa wisata di kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan berperanserta dan wawancara. Analisis data menggunakan tiga tahap (1)reduksi, (2)penyajian, (3)kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata Sleman memiliki arus positif terhadap teori yang penulis gunakan. Namun, hasil di lapangan belum maksimal mengingat pada proses manajemen komunikasi, proses evaluasi dan kontrol pasca kegiatan pengembangan hanya dilaksanakan secara lisan. Kemudian selain itu dalam aktivitas perencanaan dan pengorganisasian kegiatan pengembangan masih belum intens dan matang dalam menetapkan orientasi pengembangan desa wisata mandiri.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Manajemen Komunikasi, Dinas Pariwisata Sleman,kegiatan pengembangan SDM, dan pengelola desa wisata.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:04
Last Modified: 02 Feb 2022 05:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item
View Item