Pengaruh Terapi Musik Instrumental Piano Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Magister Kenotariatan Dalam Penyelesaian Tugas Akhir

Septriani, Meli (2021) Pengaruh Terapi Musik Instrumental Piano Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Magister Kenotariatan Dalam Penyelesaian Tugas Akhir. Pengaruh Terapi Musik Instrumental Piano Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Magister Kenotariatan Dalam Penyelesaian Tugas Akhir. pp. 1-21.

[thumbnail of NASKHA PUBLIKASI] Text (NASKHA PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Meli Septriani_17511026.docx

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi musik instrumental piano terhadap penurunan stres pada mahasiswa magister kenotariatan dalam penyelesaian tugas akhir. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan pengaruh penurunan stres kelompok yang mendapatkan terapi musik instrumental piano (Kelompok eksperimen) dengan kelompok yang tidak mendapatkan terapi musik instrumental piano (Kelompok kontrol), dan adanya perbedaan penurunan stres sebelum dan sesudah diberikan terapi musik instrumental piano. Hasil penelitian berdasarkan uji man whitney-U didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh terapi musik instrumental piano terhadap penurunan stres antara (kelompok ekperimen) yang mendapatkan terapi musik instrumental piano, dengan (kelompok kontrol) yang tidak mendapatkan terapi musik instrumental piano, dengan nilai Z -2,216 dan nilai Asymp sig 0,027 (p<0,05). Kemudian berdasarkan hasil uji wilcoxon rank test, didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan penurunan stres sebelum dan sesudah diberikan terapi musik instrumental piano, dengan nilai Z -2023, dan nilai Asymp sig 0.043 (p<0,05).

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: terapi musik instrumental piano, stress
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:52
Last Modified: 04 Feb 2022 03:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item
View Item