Pengaruh Variasi Rasio Gula Dan Asam Sitrat Terhadap Sifat Kimia, Fisik, Tingkat Kesukaan Permen Lunak Gel Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lestari, Dwi Putri (2021) Pengaruh Variasi Rasio Gula Dan Asam Sitrat Terhadap Sifat Kimia, Fisik, Tingkat Kesukaan Permen Lunak Gel Lidah Buaya (Aloe Vera). Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (1MB)

Abstract

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat bioaktif flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan. Gel lidah buaya yang dicampur pada permen lunak dengan variasi penambahan gula dan asam sitrat mempermudah dalam mengonsumsinya sebagai makanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan gula dan asam sitrat terhadap sifat fisik, kimia dan tingkat kesukaan permen lunak gel lidah buaya yang dapat diterima. Pada penelitian ini dibuat permen lunak dengan dua faktor, yaitu variasi penambahan gula dan variasi penambahan asam sitrat. Gula yang ditambahkan dalam permen lunak sebanyak 200 gram, 300 gram, dan 400 gram dan penambahan asam sitrat sebanyak 0% dan 0,5%. Permen lunak dengan variasi gula dan asam sitrat yang dihasilkan dilakukan uji kadar air, aktivitas antioksidan, bilangan asam, kadar gula total, warna, tekstur dan kesukaan. Data yang diperoleh di uji menggunakan uji statistik metode ANOVA (Analysis Of Varience) pada tingkat kepercayaan 95%. Permen lunak gel lidah buaya yang dapat diterima yaitu pada variasi penambahan gula 300 gram dan konsentrasi asam sitrat 0,5%, yang memiliki kadar air 8,02%wb, aktivitas antioksidan 7,28%RSA, bilangan asam 2,08, kadar gula total 24,83%, imbangan gula asam 11,92, tekstur 1109,50 gram dan 58,73 mJ serta warna kecerahan 57,45, hijau -1,31 dan kuning 19,06.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: lidah buaya, permen lunak, gula, asam, imbangan gula asam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:12
Last Modified: 19 Apr 2021 03:12
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item
View Item